Ban Mobil yang Kedaluwarsa Masih Boleh Dipakai?

otosport.tekinfom.com, Jakarta- Ban merupakan bagian berarti pada mobil karena langsung beradu dengan dataran aspal. Seperti kaum cadang yang lain, ban mobil pastinya juga memiliki masa basi. Tetapi ban mobil yang sudah basi bukan berarti tidak bisa digunakan loh.

Diambil dari Auto2000, masa basi ban dapat di diamati dari kode nilai yang tercantum di bilik ban. Kode penciptaan di ban mobil dapat menunjukkan habisnya masa agunan ban dari pihak pabrikan pada konsumen.

Ban Mobil yang Kedaluwarsa Masih Boleh Dipakai?

Tetapi yang perlu diperhatikan, ban yang basi bukan berarti tidak bisa digunakan lagi.” Andaikan selalu melindungi situasi ban, hingga tidak masalah( memakainya lalu), walaupun masa agunan dari telah habis.”

Lalu, gimana cara melindungi supaya ban tetap pantas gunakan walaupun masa jaminan ban sudah habis?

Baca Juga : lima langkah merawat ban mobil

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan, ialah selalu mengecek tekanan angin ban supaya selalu dalam situasi sempurna sesuai saran pabrikan, setelah itu cek daya ceruk ban, merotasi ban, mengecek tutup pentil ban, sampai mengecek situasi pelek.

Baca Juga : 4 jenis mesin mobil yang digunakan di dunia

” Biasanya masa agunan itu akan gosong dalam masa 5 tahun sejak ban itu dibuat. Ilustrasi bila terdapat kode penciptaan 0414, artinya pada minggu keempat di 2014 ban itu dibuat. Dan di bulan April 2019, masa legal jaminan ban itu sudah habis karena umurnya sudah lebih dari 5 tahun di bulan Januari 2019 dahulu,” catat Auto2000.

Tidak hanya itu selalu teratur melakukan spooring dan balancing. Spooring dilakukan untuk menata keserasian kaki- kaki mobil. Interupsi yang bagus akan memudahkan kegiatan ban dan mempermudah pengaturan. Sementara balancing membuat putaran ban pada pelek tetap normal dan membuat mobil bisa beranjak nyaman saat kecekatan besar tanpa takut terjadi suatu pada ban.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button