Aplikasi resmi sim online Polri

OtoSport.Tekinfom.Com Korlantas Polri resmi meluncurkan pelayanan SIM online melalui apa yang mereka ucap dengan Cahaya. Mengurus perpanjangan SIM bisa dilakukan dengan cara online melalui aplikasi yang terpasang di ponsel.

Aplikasi yang perlu diunduh pemohon SIM bernama Digital Korlantas Polri. Di dalam aplikasi tersebut merupakan pelayanan SIM Nasional Akurasi atau Cahaya.

” Korlantas Polri telah membuat satu inovasi berbentuk pembangunan aplikasi SIM Nasional Akurasi atau Cahaya yang bisa diakses dengan cara online. Ini sebagai cara mengadopsi revolusi industry 4. 0 mengarah warga 5. 0 di tengah masa pandemi COVID- 19,” tutur Kepala Korlantas Polri Irjen Angket. Istiono saat peresmian SIM Online, Selasa( 13/ 4/ 2021).

” Ada pula tujuan pembangunan aplikasi ini merupakan memudahkan pelayanan warga dalam pembuatan SIM di mana saja dan bila saja. Tidak hanya itu, dengan aplikasi ini warga bisa terlayani melalui jasa pengiriman akta SIM yang sudah keluar untuk diantar sampai ke Tujuan pemohon,” sambungnya.

Aplikasi Cahaya atau SIM Nasional Akurasi bisa diakses melalui program Digital Korlantas Polri yang bisa diunduh di Apps Store dan Play Store. Program itu merupakan gerbang aplikasi semua layanan Korlantas Polri, termasuk di dalamnya pelayanan perpanjangan atau pembuatan SIM A dan SIM C.

Setelah diunduh, pengguna dimohon melakukan konfirmasi bukti diri dengan memasukkan nomor hp dan Tujuan email untuk mendapatkan one time password. Setelahnya, pengguna dimohon memasukkan NIK bersama julukan komplit sesuai KTP yang akan diotentifikasikan melalui teknologi artikulasi biometric wajah atau liveness face recognition.

Setelah pendaftaran awal dilakukan dan dinyatakan asi, maka beragam layanan juga sedia digunakan. Misalnya untuk perpanjangan SIM A dan SIM C dengan cara online, tes filosofi pembuatan SIM baru, pendaftaran pengecekan kesehatan dan uji ilmu jiwa.

” Lumayan dari rumah, maka perpanjangan pelayanan SIM ini benar bisa dilaksanakan,” tutur Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam peluang yang sama.

Setelah SIM dicetak, pemohon diserahkan tiga opsi untuk menerima kartu raga SIM tersebut.” Pertama bisa didapat sendiri pada Satpas pencetak, yang kedua dengan diwakilkan menggunakan pesan kuasa, dan ketiga menggunakan jasa pengiriman PT Pos Indonesia,” tutur Kasi Standar SIM Ditregident Korlantas Polri AKBP Arief Berakal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button