bikin dan perpanjang SIM online, Bagaimana dengan tes Kesehatan?

OtoSport.Tekinfom.Com Kepala Kepolisian Republik Indonesia( Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo, resmi meluncurkan aplikasi pengurusan Surat Izin Mengemudi( SIM) dengan cara online. Dengan begitu, untuk warga yang akan membuat atau memanjangkan SIM tidak perlu ke Satpas lagi, hanya bermukim menggunakan aplikasi Sinar( SIM Nasional Presisi).

bikin dan perpanjang SIM online, Bagaimana dengan tes Kesehatan?

Aplikasi ini sendiri, telah legal dengan cara nasional, dan bisa diunduh dari hp berplatform Android dan iOS.

Aparat kepolisian menunjukkan Smart SIM( Surat Izin Mengemudi) dan aplikasi Smart SIM yang saling tersambung, di Jakarta, Minggu( 22/ 9/ 2019). Korlantas Polri resmi memperkenalkan Smart SIM yang dikeluarkan berbarengan dengan layanan SIM online.

Liputan6. com, Jakarta- Kepala Kepolisian Republik Indonesia( Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo, resmi meluncurkan aplikasi pengurusan Surat Izin Mengemudi( SIM) dengan cara online. Dengan begitu, untuk warga yang akan membuat atau memperpanjang SIM tidak perlu ke Satpas lagi, hanya tinggal menggunakan aplikasi Cahaya( SIM Nasional Presisi).

Aplikasi ini sendiri, telah legal dengan cara nasional, dan bisa diunduh dari hp berplatform Android dan iOS.

” Dengan pelayanan ini kita harapkan, pastinya pelanggaran- pelanggaran yang mungkin tejadi pada saat interaksi- interaksi yang dilakukan oleh oknum- oknum yang melakukan penyalahgunaan wewenang, pastinya dengan pelayanan online ini, itu bisa kita tekan dan kita bisa hapuskan,” tutur Kapolri, dalam peresmian SIM online dengan cara virtual, Selasa( 13/ 4/ 2021).

Lanjutnya, setelah warga mengunduh aplikasi SINAR, setelah itu melakukan pendaftaran SIM A dan SIM C. Layanan uji filosofi juga dilakukan dengan cara online.

Sementara itu, untuk uji kesehatan, pengecekan ilmu jiwa, pemohon lumayan memilah link E- Rikkes di aplikasi SINAR. Uji psikologi, pemohon hanya lumayan memilah link E- PPSI.

Dalam uji kesehatan dan psikologi ini, pemohon wajib menanggapi persoalan supaya bisa penuhi syarat, dan semua soal- soal ini sudah terakreditasi oleh SSDM Polri.

Dikirim Kurir

Kakorlantas Polri Irjen Istiono menambahkan, pemohon nantinya akan mendapatkan Virtual Account( VA) BNI sebagai alat melakukan pembayaran pembuatan SIM dengan cara online.

Dokumen yang sudah dicetak setelah itu dikirim melalui kurir jasa pengiriman ke Tujuan pemohon.

” Ini untuk banyak orang yang memang bersahabat teknologi aku pikir enggak ada masalah, untuk warga kita, beberapa warga bermasalah, tetapi kita seluruh akan akomodir,” tutur Istiono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button