Cara Blokir STNK motor atau mobil yang sudah dijual lewat online

OtoSport.Tekinfom.Com Mobil atau sepeda motor Kamu sudah dijual? Yakinkan jangan lupa untuk melakukan blokir STNK. Tujuannya biar Kamu tidak kena ketentuan pajak progresif, karena kepemilikan STNK lebih dari satu.

Cara blokir STNK sepeda motor dan mobil yang dijual juga lumayan mudah. Di Provinsi DKI Jakarta misalnya, cara ini bisa dilakukan dengan cara online. Lalu, seperti apa tahap dan syarat- syaratnya?

Seperti diamati di unggahan akun Instagram@humaspajakjakarta, cara peliputan kendaraan bermotor yang sudah dijual bisa dilakukan melalui web https:// pajakonline. jakarta. go. id/.

Baca Juga: bikin dan perpanjang SIM online, Bagaimana dengan tes Kesehatan?

Prosedurnya mudah, pertama- tama, wajib pendaftaran dahulu menggunakan NIK( Individu) atau NPWP Pusat( Badan Upaya). Jika sukses maka wajib pajak akan mendapatkan email aktivasi untuk melakukan aktivasi.

Jika sudah melakukan aktivasi, maka wajib pajak bisa login untuk menggunakan sarana layanan yang ada di pajak online. Subjek pajak yang timbul di pajak online merupakan subjek pajak yang dalam database BPRD jakarta sudah terisi dengan NIK/ NPWP wajib pajak.

Setelah itu, Kamu bisa memilah jenis pelayanan memberi tahu jual kendaraan untuk memblokir STNK kendaraan bermotor Kamu. Jangan lupa siapkan beberapa akta persyaratan untuk diunggah.

Ada pula syarat- syarat akta Memberi tahu Jual Kendaraan sebagai berikut:

1. Fotocopy KTP Pemilik Kendaraan

2. Pesan Kuasa bermaterai dan tersemat fotocopy( bila dikuasakan)

3. Fotocopy pesan akta penyerahan dan fakta bayar

4. Fotocopy STNK/ BPKB

5. Fotocopy Kartu Keluarga

6. Pesan statment yang bisa didownload di https:// bapenda. jakarta. go. id/

Keenam akta tersebut wajib ada. Dan jika kopian pesan akta penyerahan dan fakta beri uang atau kopian STNK/ BPKB tidak ada, maka Kamu diwajibkan melakukan penghentian kendaraan dengan cara offline di Samsat Benih sesuai wilayah kendaraan yang terdaftar.

Syaratnya dengan membuat KTP pemilik kendaraan asli yang sesuai di STNK bersama duplikat, Kartu Keluarga asli bersama duplikat, materai, pesan kuasa disertakan materai dan KTP akseptor kuasa asli bersama duplikat bila dikuasakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button