Fitur Adaptive Cruise Control dan perbedaannya dengan Cruise Control biasa

OtoSport.Tekinfom.Com Di beberapa mobil terbaru telah terlampir fitur cruise control. Dengan fitur ini, pengemudi tak perlu capek- capek menginjak dayung gas karena sistem komputer pada mobil akan menjaga laju kendaraan dengan kecepatan tertentu yang telah diatur.

Fitur Adaptive Cruise Control dan perbedaannya dengan Cruise Control biasa

Lebih mutahir, saat ini telah ada fitur Adaptive Cruise Control. Mengambil laman resmi Mitsubishi Motors Indonesia, fitur ini memiliki banyak kelebihan paling utama dibanding dengan Cruise Control biasa. Berkat fitur Cruise Control ini, pengemudi bisa melampiaskan mobilnya tanpa wajib menginjak dayung gas. Tetapi ada batasan determinasi kecepatan maksimal dan minimun untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Kelainannya pada Adaptive Cruise Control ini bisa melepaskan pengemudi dari dayung gas dan juga dayung rem. Soalnya, Adaptive Cruise Control lebih mutahir karena bisa menyesuaikan kecepatan dengan kondisi lalu lintas. Fitur ini lebih mutahir karena menggunakan laser dan sensor- sensor lain termasuk untuk melakukan pengereman dengan cara otomatis( adaptif).

Fitur Adaptive Cruise Control dan perbedaannya dengan Cruise Control biasa

Saat Adaptive Cruise Control ini diaktifkan dengan kecepatan tertentu, maka mobil akan menjaga kecepatan dengan kendaraan di depannya tanpa wajib menekan dayung gas dan dayung rem. Jika kendaraan di depan mengurangi kecepatan, maka otomatis fitur Adaptive Cruise Control juga akan mengurangi sendiri kecepatannya. Artinya, jarak dengan kendaraan di depan akan tetap terjaga.

Begitu mobil di depan kembali maju, maka mobil dengan Adaptive Cruise Control ini ini akan menaikkan kecepatan sesuai dengan batas yang telah diresmikan oleh pengemudi.

Fitur Adaptive Cruise Control telah menggunakan teknologi laser yang bertujuan untuk mengetahui jarak dengan kendaraan lain yang terletak di depan. Mobil akan mengerem ketika jarak mobil sudah sangat dekat. Begitu juga ketika mobil mengetahui jarak yang sangat jauh dengan kendaraan di depannya, mobil akan menaikkan kecepatan sesuai dengan setingan kecepatan terakhir.

Fitur Adaptive Cruise Control dan perbedaannya dengan Cruise Control biasa

Cara pengoperasian Adaptive Cruise Control kurang lebih sama. Seperti cruise control biasa, fitur ini baru bisa aktif pada kecepatan minimun 40 kilometer/ jam dengan menekan tombol Cruise Control yang terdapat di setir sisi kanan.

Bagi Mitsubishi, fitur Adaptive Cruise Control ini sudah ada di mobil- mobil yang mereka jual di Indonesia. Salah satunya merupakan Mitsubishi Eclipse Cross. Saat ini, Mitsubishi Eclopse Cross dijual dengan harga mulai dari Rp 488. 750. 000 sampai Rp 493. 750. 000.

Tidak hanya Adaptive Cruise Control, Eclipse Cross juga dilengkapi fitur- fitur mutahir yang lain. Di antara lain merupakan:

– Automatic High Beam yang akan mengganti lampu highbeam jadi low beam dengan cara otomatis saat mengetahui kendaraan lain di depan

– Blind Spot Warning( BSW) ialah fitur pencari sensor pada bumper belakang untuk mengetahui terdapatnya kendaraan di titik tidak nampak di belakang

– Rear Cross Traffic Alert( RCTA) untuk mengetahui kendaraan lain yang mendekat saat gigi mundur aktif

– Ultrasonic Misacceleration Mitigation System( UMS) untuk menghindari hantaman saat parkir di mana sistem akan menghidupkan suara dan menunjukkan peringatan saat sensor depan atau belakang mengetahui subjek yang membatasi rute parkir

– Hills Start Assist( HSA) untuk menghindari mobil mundur dengan menahan rem sampai dua detik setelah rem dilepas saat menyudahi di tanjakan.

Sementara fitur keselamatan lain yang ada di mobil ini merupakan Active Yaw Control( AYC) untuk tingkatkan performa saat bermanuver dengan memaksimalkan tenaga pada rem depan, Active Stability& Traction Control( ASTC) untuk menghindari roda kehabisan kontrol di jalanan licin, Forward Collision Mitigation System untuk menghindari hantaman depan atau meminimalkan akibatnya jika hantaman tak bisa dihindarkan, dan 7 buah SRS airbag yang terletak di depan, samping, tirai dan dengkul pengemudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button