Menunggu Tanki kosong dapat membahayakan kendaraan, hati-hati!!

OtoSport.Tekinfom.Com Sebagai pemilik kendaraan, mengisi bahan bakar minyak( BBM) dianjurkan tidak menunggu tangkinya betul- betul kosong. Mengisi BBM ketika tangki betul- betul kosong atau penanda sudah menunjukkan huruf E akan berdampak parah.

Menunggu Tanki kosong dapat membahayakan kendaraan, hati-hati!!

Dilansir laman resmi Mitsubishi Motors, ada tiga masalah yang akan mengintai pemilik kendaraan jika kerap isi bensin saat tangki betul- betul kosong. Apa saja?

Pertama, akan timbul karat pada tangki BBM. Soalnya, jika kerap didiamkan kosong akan memiliki banyak udara yang berasal dari kondensasi atau pergantian uap BBM yang jadi air. Terlebih, jika mobil kerap ditaruh di luar ruangan, dan terkena paparan cahaya matahari langsung.

Saat hal itu kerap terjadi, bukan tidak mungkin tangki BBM akan memiliki banyak air dan timbul karat yang beresiko menggerus dinding tangki. Seperti diketahui, massa air lebih berat dibanding minyak, sehingga air akan turun ke bawah dan melekat langsung di tangki.

Kedua, tidak hanya air dan bagian karat, juga ada kotoran BBM yang mengendap di dasar tangki. Dan ketika kendaraan dihidupkan dalam situasi tangki kosong, kotoran ini bisa turut terhirup oleh pompa bahan bakar. Lama- kelamaan akan mengganggu kinerja pompa bahan bakar dan sistem injeksi.

” Bila hal ini terjadi, maka bukan tak mungkin mobil akan mogok. Oleh karena itu, satu cara yang dapat dilakukan merupakan menghabiskan tangki bahan bakar supaya keadaannya kembali bersih,” ucap Mitsubishi Motors.

Ketiga, isi BBM saat tangki kosong dapat menaikkan rasa waspada. Soalnya, Kamu akan merasa takut mobil akan kehilangan bahan bakar dan selesai mogok di jalan.

Supaya tidak terjadi tiga masalah tersebut, pemilik kendaraan hendaknya mengisi BBM saat sebelum penanda sampai huruf E atau lampu penanda BBM menyala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button