penumpang harus punya etika agar selamat sampai tujuan

OtoSport.Tekinfom.Com Berkendara dengan bagus dan betul dengan mematuhi peraturan memang sudah wajib dilakukan pengendara bagus motor dan mobil. Tetapi tentu banyak dari kita sebagai pengendara tidak tahu bagaimana sih etika jadi penumpang sepeda motor yang betul, supaya aman dan tidak mengganggu pengendara yang tengah memandu sepeda motor?

penumpang harus punya etika agar selamat sampai tujuan

Manager Safety Riding Astra Honda Motor( AHM), Johanes Lucky pada Virtual Zoom Forwot bersama AHM mengatakan ada etika penumpang sepeda motor yang wajib dilakukan, supaya tidak mengganggu pengendara motor.

” Ketika di atas sepeda motor, keduanya bagus pengendara motor atau penumpang memiliki resiko yang sama. Untuk itu penumpang wajib menggunakan safety gear seperti pengendara motor,” tutur Johanes.

Johanes mengatakan etika penumpang sepeda motor yakni wajib mengikuti gerakan pengendara motor. Hal ini dilakukan supaya pengendara motor tidak susah mengatur sepeda motor.

” Penumpang wajib mengarah ke depan dengan posisi yang sama seperti pengendara dan wajib mengikuti aksi pengemudinya. Tidak hanya itu kita kerap kali menegaskan penumpang wajib menggenggam pinggul pengendara, atau dengkul kaki wajib menjepit pinggul dan badan juga wajib mengikuti aksi badan pengendara,” Johanes menambahkan.

Sebagai catatan penumpang sepeda motor pada era New Wajar memiliki perbandingan dibanding di masa saat sebelum pandemi COVID- 19, seperti dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, antara lain:

1. Menggunakan Helm Sendiri

Saat sebelum masa pandemi penumpang motor mungkin lebih leluasa untuk meminjam helm pada teman atau rekan- rekan. Tetapi pada masa New Wajar detikOto ingatkan untuk menggunakan helm sendiri.

2. Menggunakan Masker

Terus menggunakan masker, Diambil dari laman Pusat Pengaturan dan Pencegahan Penyakit Unit Kesehatan dan Layanan Warga Amerika Serikat, penyebaran virus Corona membolehkan dari manusia ke manusia melalui recikan droplet. Bersin atau droplet orang yang terkena bisa jatuh di subjek atau dataran barang.

3. Menggunakan Sarung Tangan Steril

Seperti pengendara, penumpang juga dianjurkan untuk menggunakan sarung tangan, terlebih jika detikers menggunakan jasa ojek online.

Sarung tangan jadi peranti yang dianjurkan untuk digunakan saat menggunakan jasa ojek online atau kendaraan biasa. Karena saat menggunakan jasa ojek online atau kendaraan biasa, pengguna jasa akan menghindari berhubungan langsung dan bersinggungan dengan barang dan orang lain.

4. Sampai Tujuan Mencuci Tangan dan Wajah

Setelah sampai tujuan, penumpang sepeda motor dianjurkan untuk segera melakukan mencuci tangan dan wajah. Hal ini dilakukan supaya aturan kesehatan bisa terkabul.

5. Ketika Sampai Rumah Langsung Mensterilkan Diri

Setelah berkendara dianjurkan untuk langsung mensterilkan diri. Dan langsung mengubah dan meletakkan pakaian di tempat kotor, untuk langsung dibersihkan saat sebelum berhubungan dengan banyak orang rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button