penyebab dan cara mengatasi knalpot ngebul

OtoSport.Tekinfom.Com Saat di jalan, pernahkan kamu melihat sepeda motor yang menghasilkan asap dari knalpot? Atau malah justru Kamu yang mengalami hal tersebut? Jika iya, berarti ada sejumlah bagian motor yang bermasalah.

penyebab dan cara mengatasi knalpot ngebul

Biasanya knalpot yang menghasilkan asap atau knalpot ngebul dikenal juga dengan sebutan fogging. Asap yang keluar juga bisa mengganggu pengendara yang lain karena akan terhisap dan memunculkan pencemaran udara. Diambil dari laman Suzuki, ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi pada motor kesayangan Kamu.

Jika asap yang keluar berwarna hitam, hal ini bisa ditentukan jika cara pembakaran pada mesin kurang maksimal. Masalah ini diakibatkan karena bensin yang masuk tidak terbakar sempurna karena udara yang kurang. Jalan keluarnya lumayan mudah, Kamu bisa melakukan penyetelan kembali pada ECU atau Electronic Control Bagian.

Tetapi jika asap yang keluar berwarna putih, bisa jadi oli mesin naik dan masuk ke ruang bakar sehingga oli turut dibakar. Masalah ini bisa terjadi karena sejumlah faktor, mulai dari ring piston yang kering, seal klep sudah aus, piston sudah barik atau antara klep bocor.

Untuk knalpot motor yang menghasilkan asap putih, ada beberapa cara untuk menanggulangi masalah tersebut:

1. Bila ring piston sudah aus karena faktor konsumsi, maka Kamu wajib mengubahnya dengan yang baru.

2. Ketika bagian piston barik karena kerap telanjur mengubah oli mesin, maka piston wajib ditukar dengan yang baru. Tetapi jika dinding silindernya turut terbeset, Kamu bisa melakukan oversize dan ubah piston yang sesuai dengannya.

3. Jika seal klep keras atau getas karena masa konsumsi yang sudah melalui( kadaluarsa) atau dampak temperatur mesin yang panas, Kamu bisa mengubah seal karetnya.

4. Saat klep mengalami bocor karena terdapatnya kotoran atau lapisan sisa pembakaran yang membatasi dinding klep, Kamu bisa menanganinya dengan skir balik klep. Untuk menciptakan skir balik yang lebih awet, hendaknya pilih bagian yang tidak akan terkikis

Tetapi perlu diketahui, masalah ini bisa terjadi dampak motor Kamu jarang di service ke bengkel. Jika knalpot ngebul didiamkan dan tak diperbaiki, maka jangan bingung jika akan berdampak pada peranti yang lain dan menyebabkan kondisi motor semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button