PO ALS Bus dengan trayek terjauh di Indonesia

OtoSport.Tekinfom.Com PO ALS( Antar Lintas Sumatera) merupakan salah satu perusahaan otobus legendaris dari tanah Sumatera. Bis ini memiliki karakteristik tertentu karena ada armadanya yang mengangkut penumpang sekalian benda di bagian atapnya. Tidak hanya itu, PO ALS juga dikenal memiliki rute perjalanan terjauh di Indonesia. Seperti apa sejarah PO ALS?

PO ALS Bus dengan trayek terjauh di Indonesia

Diambil dari web Traveloka, PO ALS pertama kali bekerja pada 1966 di Kotanopan, Mandailing Natal, Sumatera Utara. Perusahaan ini dibuat oleh H. Sati Lubis dan beberapa penggagas yang lain.

PO ALS awalnya muncul dengan julukan PT Pengangkutan dan Industri Antar Lintas Sumatera di Kotanopan, Mandailing Natal. Rute yang ditawarkan juga juga terbatas, yaitu jalan kembali berangkat Medan- Kotanopan dan Medan- Bukittinggi, menggunakan bis Chevrolet C50

Di masa- masa awal bekerja, dibilang hampir seluruh wilayah di Sumatera masih sangat susah diakses kendaraan karena prasarana jalan yang tidak mencukupi. Tetapi, hal ini tidak jadi halangan, bahkan pada 1972, ALS malah menaikkan jalan baru untuk rute Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, dan Lampung. ALS juga memindahkan kantor pusatnya ke Area untuk memperlancar kegiatan operasional bidang usaha.

PO ALS mencapai masa jayanya ketika Dermaga Merak dan Bakauheni tersambung melalui pelayaran Kapal Feri pada 1980. Dengan membuka sejumlah jalan langsung mengarah berbagai wilayah di Jawa, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya, ALS jadi lebih dikenal besar warga sebagai bis lintas Jawa- Sumatra.

Sampai saat ini, PO ALS masih terus populer di industri transportasi bis Tanah Air. ALS melayani berbagai rute perjalanan pulang- pergi, seperti Medan- Jakarta, Medan- Bandung, Medan- Malang, dan yang terjauh merupakan Jember- Medan( PP) yang berjarak sekitar 2. 839 kilometer, dengan waktu tempuh 49 jam.

Seperti sempat dipaparkan Ketua Biasa BusMania Community, Zaenal Arifin, saat ini PO ALS, masih jadi perusahaan otobus dengan jalan terjauh. Bus- bus yang memiliki jalan terjauh, beberapa besar memang dipegang bus- bus asal Sumatera

” Banyuwangi- Aceh, Jember- Medan. Itu busnya PO ALS. Memang untuk rute terjauh masih dipegang ia. Dan jika diukur dengan cara jarak, itu seperti dari akhir Eropa( Barat) ke akhir Eropa( Timur),” tutur Zaenal dihubungi detikOto, belum lama ini.

Jika dibanding dengan jarak antar negara di daratan Eropa, jalan Jember- Medan( PP) yang berjarak 2. 839 kilometer tersebut lebih jauh dari jarak Amsterdam( Belanda) ke Moskow( Rusia) 2. 433 kilometer atau jarak dari Berlin( Jerman) ke Ankara( Turki) 2. 639 km

PO ALS sendiri menawarkan 4 opsi kategori, seperti kategori AC- Toilet, kategori Non- Toilet, kategori AC- Toilet 28 Seat, dan kategori Super Administrator. Sementara untuk harga tiketnya, antara Rp 415. 000 sampai Rp 616. 000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button