posisi riding yang baik ditentukan jenis sepeda motor, bukan karena tinggi pengendara

OtoSport.Tekinfom.Com Posisi riding jadi satu hal berarti untuk setiap pengendara. Karena posisi badan di atas motor bukan sekadar pertanyaan kemyamana, tetapi bisa jadi determinan keselamatan. Tetapi bagaimana sih posisi berkendara yang betul itu?

posisi riding yang baik ditentukan jenis sepeda motor, bukan karena tinggi pengendara

Manager Safety Riding Astra Honda Motor( AHM), Johanes Lucky pada Virtual Zoom Forwot bersama AHM mengatakan gaya berkendara atau posisi riding itu didetetapkan oleh konsep motor yang digunakan pengendara. Karena akan berbeda gaya berkendara menggunakan motor angsa dengan motor sport.

” Bentuk badan berkendara ini untuk menjaga kita supaya tidak cepat letih, tidak hanya itu supaya kita bisa melaksanakan semua instrumen yang ada pada motor dan menghindari luka,” tutur Johanes.

” Posisi riding atau gaya berkendara berhubungan dengan konsep dari sepeda motor, ada yang letaknya berdiri, ada yang letaknya menunduk seperti saat mengemudikan motor racing, gaya berkendara juga akan berbeda lagi saat mengemudikan motor tur,” jelas Johanes.

Meski demikian ada satu catatan yang sama meski memiliki jenis motor yang berbeda, ialah setiap pengendara wajib bebas dan relax saat berkendara.

” Posisi bersandar wajib aman dan relax, saat posisi bersandar sudah aman posisi mata bisa melihat seluas mungkin, begitu juga dengan posisi pundak itu wajib relax bisa maju mundur, siku juga wajib bisa melekukkan karena untuk pengaturan dan meredam getaran motor,” jelas Johanes.

” Posisi tangan wajib sesuai dengan grip dan ditentukan bisa melaksanakan seluruh instrumen seperti lampu sein, lampu, dan lain- lain. Posisi pinggul dicocokkan dengan dengkul dan kelu menjepit tangki, atau untuk motor angsa lurus ke depan, untuk motor sport itu posisi kaki wajib di atas step yang bisa melaksanakan gigi dan rem, untuk motor matik wajib dicocokkan dengan posisi kaki masuk ke dalam. Sehingga pada akhirnya akan diketemukan bagaimana supaya tidak cepat letih dan bisa mengurangi luka,” Johanes menambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button