Proses Merakit MotoGP di tiap tahapannya

OtoSport.Tekinfom.Com MotoGP merupakan olahraga balap motor terpopuler di dunia. Maka tak bingung jika banyak bagian menarik yang bisa diulas dari MotoGP. Ilustrasinya seperti cara menyusun prototipe motor MotoGP dari bagian yang tercerai berai, jadi motor balap yang utuh.

Proses Merakit MotoGP di tiap tahapannya

Diambil dari laman Box Repsol, seorang ahli mesin perlu wawasan spesial supaya bisa menyusun motor MotoGP. Tetapi mereka diuntungkan karena ada beberapa bagian yang sudah sedia untuk dirakit. Mesin, sistem pengereman, dan bahkan beberapa kabel biasanya sudah sedia untuk dirakit dengan bagian yang lain.

1. Menyambungkan Rangka dan Lengan Ayun

Bagian pertama yang wajib disatukan merupakan rangka dan lengan gerak. Jika kedua bagian itu sudah berpadu, pemasangan berikut merupakan kaliper rem belakang, injakan kaki, dongkel pemindah gigi, rem belakang, termasuk rantai dan interupsi.

2. Menyusun Bagian Depan

Tahap berikutnya merupakan memasukkan bagian depan motor ke dalam rangka, seperti bagian interupsi USD, setang kemudi, dongkel rem, dongkel kopling, tangki, tombol pengontrol ECU, dasbor, dan steering damper, juga mudguard.

3. Memasang Kabel dan Jok

Dua bagian berarti yang berikutnya dipasang merupakan kabel dan jok. Kabel bentuk tubuh dihubungkan ke ECU untuk menata berbagai fitur elektronik di motor MotoGP. Pemasangan kabel dilakukan dengan cara akurasi karena rawan cacat jika memegang bagian yang panas, seperti knalpot atau mesin.

Bagian yang berikutnya dipasang merupakan jok. Jok ini dibuat dari serat karbonium dan hanya dipasang dengan 6 buah sekrup baut

4. Pemasangan Mesin

Cara berikutnya merupakan pemasangan mesin. Pemasangan mesin motor MotoGP lumayan kompleks dilakukan karena ruang yang terbatas.

5. Bagian- bagian Lain yang Dipasang

Gesekan terakhir merupakan memasang beberapa bagian kecil, seperti penapis udara, ban depan dan ban belakang, rem cakram, dan rantai.

Terakhir, bagian yang dipasang merupakan windshield, fairing, dan mengisi seluruh larutan di motor seperti larutan penyejuk, pelumas, dan bahan bakar. Setelah ini berakhir, motor juga sedia digeber di jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button