tips menjaga mesin mobil tetap prima

OtoSport.Tekinfom.Com Mesin merupakan peranti paling berarti dari mobil, tanpa terdapatnya mesin bisa ditentukan mobil tidak akan bisa berkendara. Sebagai catatan banyak cara supaya bisa tetap melindungi mesin tetap prima.

tips menjaga mesin mobil tetap prima

Seperti yang disampaikan Daihatsu ada cara mudah untuk menjaga mesin. Bahkan tanpa bantuan para teknisi untuk bisa tetap menjaga mesin kendaraan kesayangan

” Kita berharap, melalui sharing panduan ini, mobil bisa terus dalam kondisi yang maksimal, sehingga bisa tetap beraktifitas dengan lebih nyaman, aman, dan mengasyikkan. Tidak hanya itu bisa memastikan kendaraannya supaya selalu dalam kondisi prima dengan melakukan service teratur di bengkel resmi terdekat,” ucap Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor( ADM), Bambang Supriyadi.

Nah penasaran apa saja, ikuti keterangannya berikut ini:

1. Menggunakan bahan bakar berkualitas

tips menjaga mesin mobil tetap prima

Untuk pengendara, Daihatsu menganjurkan menggunakan bahan bakar tanpa timbal dengan penentuan RON yang telah dianjurkan. Mobil saat ini telah penuhi standar emisi EURO 4, sehingga Daihatsu mengusulkan penggunaan bahan bakar standar EURO 4.

Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan performa yang terbaik, tidak hanya itu juga menggunakan bahan bakar dengan RON yang tepat bisa melindungi kebersihan ruang bakar mesin dan dan ikut melindungi kebersihan area dari pencemaran.

2. Mempraktikkan metode mengemudi Eco- driving

tips menjaga mesin mobil tetap prima

Berikutnya dianjurkan saat sebelum berkendara mobil saat ini tidak membutuhkan pemanasan mesin yang lama, hanya tunggu beberapa saat sampai seluruh lampu penanda di meter kombinasi mati, RPM normal baru hidupkan AC, jangan lupa atur temperatur AC sempurna di ruang kabin.

Jauhi juga akselerasi dan pengereman tiba- tiba, diusahakan berkendara sehalus mungkin, dan jaga perpindahan gigi sesuai dengan torsi dibutuhkan dengan range RPM di putaran 2. 000- 3000( beberapa tipe kendaraan sudah dilengkapi lampu Eco- Indikator untuk menolong juru mudi biar lebih efisien). Hal yang lain, jaga jarak dengan kendaraan lain, maanfaatkan engine brake untuk perlambatan di jalan menurun atau saat sebelum belokan, maanfaatkan momentum akselerasi saat di di jalan menanjak, matikan mesin, dan buka jendela seperlunya untuk perputaran udara ketika sedang menunggu dalam waktu waktu lama di dalam mobil.

3. Jauhi penggunaan zat aditif

tips menjaga mesin mobil tetap prima

Pada bahan bakar yang dijual di pasaran. Pada biasanya zat aditif ini ditawarkan dengan tujuan tingkatkan angka oktan untuk tingkatkan performa mesin dan mengurangi knocking, tetapi zat aditif ini bisa mengandung bahan kimia yang tidak sesuai dengan kondisi mobil.

Dalam kurun waktu khusus bisa menyebabkan kerusakan pada tangki bensin, fuel pump dan mesin, juga bisa mengacaukan sistem kontrol emisi, sehingga emisi gas buang yang diperoleh mobil tidak penuhi regulasi standar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button